Kelas XII

Silakan klik tombol berikut untuk memilih materi yang akan anda pelajari!

              

46 thoughts on “Kelas XII

    • Sel-sel tubuh hanya bisa menyerap zat-zat makanan yang sudah menjadi senyawa sederhana, demikian juga ketika menggunakan energi, yang bisa digunakan adalah energi yang sudah berupa energi yang sederhana seperti ATP.

      Suka

    • Asimilasi C maksudnya menggunakan karbon. Ada bakteri yang memiliki klorofil, bakteri ini bisa melakukan fotositesis untuk tujuan memanfaatkan (mengasimilasi) karbon. Ada pula bakteri yang tidak memiliki klorofil, untuk memanfaatkan karbon, dia melakukan proses kemosintesis.

      Suka

    • ATP (Adenosin Triphospat) dan ADP (adenosin Diphospat), keduanya adalah jenis “sumber daya universal” dan perbedaan utama di antara mereka adalah jumlah gugus fosfat dan kandungan energi. Akibatnya, mereka mungkin memiliki sifat fisik yang berbeda secara substansial dan peran biokimia yang berbeda dalam tubuh manusia. Baik ATP dan ADP terlibat dalam reaksi biokimia penting dalam tubuh manusia seperti respirasi, biosintesis dll. Dengan demikian keduanya berperan sebagai molekul biologis vital (selalu ada).

      Disukai oleh 1 orang

  1. Bu,saya mau bertanya dari pernyataan ‘Atom C,H,dan O menyusun 85% berat asam amino’
    pertanyaannya yang 15% itu apa /sisanya itu apa,dan berupa apa?

    Suka

  2. Dalam fotofosforilasi siklik pergerakan elektron elektron dimulai dari fotosistem I dan berakhir di fotosistem I , namun apa yang menyebabkan ada elektron yang terlontar mendukung fotosistem II?

    Suka

  3. bu, saya ingin bertanya. pada fermentasi alkohol setelah asam piruvat diubah menjadi Asetaldehid dan CO2. Asetaldehid oleh alkohol dihidrogenase diubah menjadi alcohol. darimana asal alkohol dihirogenesa? apakah hanya alkohol tersebut yang dapat mengubah asetaldehid menjadi alcohol?

    Suka

    • Ingat ya…, akhiran ase menunjukkan bahwa dia itu enzim. Jadi alkohol dehidrogenase adalah enzim yang kerjanya melepaskan hidrogen dari substrat. Pada kasus ini substratnya adalah asetaldehid.

      Suka

  4. Bu guru,saya mau bertanya.
    Pada katabolisme protein,kan asam-asam amino mengalami Deaminasi.
    Bagaimana jika asam amino tersebut tidak mengalami Deaminasi,lalu apa yang akan terjadi,dan apa pengaruhnya bagi katabolisme protein?

    Suka

  5. bu, saya ingin bertanya apakah dekarboksilasi oksidasi itu terjadi sebelum siklus krebs atau proses yang terjadi di dalam siklus krebs? terima kasih bu guru

    Suka

    • Pada kondisi anaerob, sel-sel otot kekurangan oksigen (misalnya saat tubuh lelah karena aktivitas berat), namun sel-sel tersebut memiliki tugas melakukan respirasi untuk menghasilkan energi. Pada keadaan ini, asam piruvat akan mengalami dehidrogenasi sehingga terbentuk asam laktat/asam susu yang menumpuk di otot, sehingga otot terasa pegal.

      Suka

  6. Respirasi anaerob merupakan respirasi sel yang tidak sempurna, karena masih tersisa senyawa berenergi tinggi seperti asam laktat dan alkohol. Senyawa berenergi tinggi tersebut dapat diproses kembali atau tidak, Bu? Apakah senyawa tersebut dapat dikatakan sebagai hasil respirasi, Bu ?

    Suka

  7. Bu saya mau bertanya. Pada Teory Induced FIT dijelaskan bahwa, enzim memiliki sisi aktif yg fleksibel. Apa yg menyebabkan sisi aktif enzim menjadi fleksibel?

    Suka

  8. Ijin bertanya Bu
    Di dalam respirasi asam laktat, glukosa diubah menjadi asam piruvat, Mengapa glukosa berubah menjadi asam piruvat? Apakah ada faktor lain yang dapat mempengaruhi fermentasi tersebut? Apakah ada faktor lain yang membuat gagalnya fermentasi selain oksigen?

    Suka

    • Glukosa berubah menjadi asam piruat karena ada aktivitas enzim di situ. Dan fermentasi adalah kata lain dari respirasi anaerob (respirasi yang tidak memerlukan oksigen), jadi akan gagal jika ada oksigen. Faktor lain bisa menyebabkan kegagalan fermentasi, selagi faktor tersebut membawamenghasilkan oksigen.

      Suka

  9. Bu saya mau bertanya,pada tahapan karboksilasi terdapat enzim rubisko yang di gunakan untuk mengkatalisis.Apa yang akan di hasilkan setelah dikatalisis oleh enzim tersebut?dan apa fungsi lain dari enzim rubisko

    Suka

  10. bu saya mau bertanya didalam glikolisis terdapat glukosa yang diubah menjadi glukosa 6 phospat dan didalam perubahan itu juga terdapat perubahan ATP menjadi ADP. Mengapa hal itu terjadi?

    Suka

    • Untuk aktivitas, tubuh butuh energi, energi ini diperoleh dari pemecahan molekul glukosa. Glukosa mula-mula akan dirombak menjadi glukosa 6 phospat, phospatnya inidi dapat dari ATP jadi ATP (Adenosin Triphospat) akan kehilangan 1 phosphat sehingga namanya berubah menjadi ADP (Adenosin Diphospat)

      Suka

  11. Bu, saya mau bertanya. Mengapa fermentasi asam laktat terjadi di dalam otot dan dalam kondisi anaerob? lalu apakah ada pada bagian lain?

    Suka

    • Karena otot banyak digunakan untuk aktivitas sampai akhirnya kekurangan oksigen, namun karena sel-sel otot tetap harus melakukan respirasi, maka dilanjutkan dengan respirasi secara anaerob.

      Suka

    • Karena pada tumbuhan dan hewan terkumpul banyak senyawa organik di dalam tubuhnya. Senyawa ini harus dioksidasi, agar tumbuhan dan hewan mendapatkan energi. Oksidasinya (pembakarannya) menggunakan oksigen.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s