Kelas XII

Silakan klik tombol berikut untuk memilih materi yang akan anda pelajari!

              

169 thoughts on “Kelas XII

    • Hasil terpenting dari respirasi adalah terbentuknya ATP (energi siap pakai). Dengan ATP inilah organisme bisa melakukan berbagai aktivitas. Pada respirasi aerob, ada serangkaian reaksi diantaranya glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs dan sistem transport elektron. Kesemuanya itu, menghasilkan ATP.

      Suka

  1. Assalamua’alaikum Bu
    Saya Tasya
    Dari kelas XII MIPA 1
    Ingin bertanya…
    Setelah baca-baca blog bu guru, sebenarnya saya kurang paham tentang Katabolisme itu suatu proses atau reaksi yang bagaimana dan apa fungsinya bagi tubuh kita itu apa?, Lalu untuk tempat terjadi para tahapan Respirasi Aerobik.. Kan tahap Glikolisis itu terjadi di Sitoplasma, tahapan Siklus Kerbs di Mitokondria, kalau Sistem Transpor Elektron terjadinya sih di mana bu?
    Terima kasih banyak
    Wassalamualaikum wr wb

    Suka

    • Supaya pemahaman kamu bertambah, kamu bisa memadukan antara membaca dan menonton videonya. Dalam bacaan sudah dijelaskan arti dari katabolisme dan juga contoh dari reaksi katabolisme, yaitu respirasi. Kamu tahu apa itu respirasi? Kamu tahu apa fungsi respirasi?
      STE terjadi di membran dalam mitokondria.

      Suka

  2. Bu ijin bertanya, pada fermentasi alkohol terjadi reaksi dekarboksilasi asam pivurat. Dekarboksilasi itu reaksi yang bagaimana ya bu?

    Suka

    • Yang dimaksud dekarboksilasi di sini adalah lepasnya gugus karboksil (-COOH) dari asam piruvat dan gugus yang terlepas ini berubah menjadi CO2. Agar lebih paham lihat video tentang fermentasi di atas.

      Suka

    • begini ya, disimak lagi video tentang glikolisis, dari situ kamu akan tahu bahwa 1 molekul glukosa akan diubah menjadi 2 molekul asam piruvat. Nah, masing-masing asam piruvat ini, akan masuk ke proses siklus krebs, jadi karena asam piruvatnya 2, maka siklus krebsnya 2.

      Suka

  3. Assalamualaikum bu ,izin bertanya
    Dalam sistem transpor elektron, setiap hidrogen yang dihasilkan oleh pemecahan glukosa akan diterima oleh akseptor hidrogen secara berantai.
    Apa yang dimaksud dengan akseptor hidrogen?

    Suka

    • akseptor=penerima (lawan dari donor), akseptor hidrogen = suatu senyawa yang berperan sebagai penerima ion hidrogen (elektron), misalnya NADH dan FADH2. Untuk lebih jelasnya tonton videonya

      Suka

  4. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Bu saya mau bertanya, Kan kalau Respirasi Aerob membutuhkan oksigen sedangkan Respirasi Anaerob itu membutuhkan apa bu ?

    Suka

  5. Assalamualaikum wr wb. Bu guru ijin bertanya.
    Dehidrogenasi asam piruvat akan terbentuk asam laktat/Asam susu. Yang dimaksud Dehidrogenasi itu apa bu?

    Suka

  6. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mohon izin mengajukan pertanyaan bu. Respirasi anaerob dan fermentasi tidak memerlukan oksigen dalam prosesnya. Pertanyaan saya, apa perbedaan respirasi anaerob dan fermentasi, walaupun keduanya sama-sama tidak memerlukan oksigen dalam prosesnya? Terima kasih.

    Suka

  7. Ijin bertanya Bu, fermentasi asam laktat terjadi di dalam otot dalam kondisi anaerob dengan hasil asam laktat. Apakah mungkin jika terjadi penumpukan di dalam otot tersebut? Dan apa solusi untuk mengatasi penumpukan tersebut?
    Mohon penjelasannya Bu..

    Suka

    • Ya bisa terjadi meskipun hanya sementara. Dan penumpukan asam laktat tersebut oleh kita, dirasakan sebagai rasa pegal-pegal. Namun, pegal tersebut akan hilang karena asam laktat akan dibawa oleh darah masuk ke dalam hati dan akan digunakan untuk menyusun glukosa.

      Suka

  8. Assalamualaikum wr wb, izin bertanya bu,
    Dalam tahap respirasi aerob yang pertama itu kan proses glikolisis, dalam proses glikolisis itu apakah terjadi reaksi bolak balik atau tidak ya bu antar tahapan-nya?

    Suka

    • Reaksinya tidak bolak-balik, tetapi terjadi reaksi yang berkebalikan. Maksudnya begini dalam sebuah proses glukosa yang ada akan diubah menjadi 2 asam piruvat, di proses lain asam piruvat akan digunakan untuk membangun glukosa. (Kalau bolak-balik kan gini, glukosa diubah jadi asam piruvat, sudah jadi asam piruvat eh malah digaabung lagi untuk membentuk gluoksa. Bukan seperti itu ya)

      Suka

  9. “setiap hidrogen yang dihasilkan oleh pemecahan glukosa akan diterima oleh akseptor hidrogen secara berantai.”

    Yang dimaksud secara berantai itu bagaimana, Bu?

    Suka

  10. Assalamualaikum wr wb
    Izin bertanya Bu, mengapa pada respirasi anaerob menghasilkan energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan respirasi aerob. ATP yang dihasilkan pada respirasi aerob adalah 36 ATP. Sedangkan fermentasi satu molekul glukosa hanya menghasilkan 2 ATP. Mengapa hal itu bisa berbeda bu?

    Suka

    • Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Lihat lagi proses respirasi aerob di videonya, setidaknya akan mengalami 4 tahapan yaitu glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Krebs dan STE. Masing-masing tahapan tersebut ada yang menghasilkan ATP. Sehingga ATP yang dihasilkan banyak dibandingkan dengan respirasi aerob yang hanya mengalami glikolisis saja.

      Suka

  11. Izin bertaya bu,disitukan tertulis glikolisis adalah rangkaian reaksi yang dikatalis oleh enzim untuk memecah suatu melekul glukosa menjadi dua melekul piruvat. Pertayaan saya,bagaimana proses enzim tersebut untuk memecah suatu melekul?

    Suka

  12. Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh bu saya mau bertanya. Berdasarkan hasilnya fermentasi dibedakan menjadi dua yaitu fermentasi asam laktat dan fermentasi alkohol. Yang ingin saya tanyakan dimana terjadinya fermentasi alkohol?

    Suka

  13. Izin bertanya dalam materi katabolisme ada molekul yg berukuran besar salah satunya polisakarida. Polisakarida adalah polimer yang tersusun dari ratusan hingga ribuan satuan monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosidik. Saya ingin bertaya apa itu pengertian ikatan glikosidik?

    Suka

    • Proses perubahan ATP menjadi ADP, contohnya pada peristiwa glikolisis, glukosa agar bisa dipecah, harus masuk ke dalam mitokondria dulu, untuk masuk butuh energi fosfat maka digunakanlah fosat pada ATP, sehingga fosfatnya tinggal 2 sehingga dinamakan ADP. Selanjutnya, dalam peristiwa glikolisis ini, akan dilakukan pemecahan 1 molekul glukosa menjadi 2 molekul asam piruvat, dan ini butuh pengikatan energi fosfat sehingga terbentuklah ATP.

      Suka

  14. Bu saya Ayu Nurhasanah dari 12 MIPA 5 mau bertanya, yang di maksud sama 4 ATP (kotor) sama 2 ATP (bersih) dalam tahapan Glikolisis itu apa y bu,
    Trimakasih

    Suka

    • 4 ATP (kotor) maksudnya jumlah ATP yang dihasilkan belum dikurangi dengan jumlah ATP yang digunakan, sedagkan 2 ATP (bersih), maksudnya adalah jumlah total ATP setelah dikurangi dengan ATP yang digunakan.

      Suka

  15. Ibu mau tanya…
    Dipenjelasannya kan proses katabolisme dihasilkan energi , namun tidak dapat di gunakan secara langsung oleh sel dan harus di ubah menjadi Senyawa adenosin trifosfat ..
    Energi yang di hasilkan itu apa ya Bu? Dan kenapa tidak dapat digunakan langsung ya Bu?

    Suka

    • Misalnya adalah glukosa hasil perombakan karbohidrat. Glukosa ini sumber energi namun belum bisa langsung digunakan karena masih berupa energi potensial yang tersimpan. Oleh karena itu glukosa ini harus melalui serangkaian reaksi untuk menghasilkan ATP, salah satu reaksinya adalah glikolisis.

      Suka

  16. Nama: Tri Teguh Iman Prakoso
    Kelaa: 12 MIPA 5
    Izin bertanya bu untuk proses anaerob pada fermentasi asam laktat dan fermentasi alkohol prosesnya salah satunya glukosa~>asam piruvat (gikolisis) berarti secara tidak langsung proses anaerob ada yang sama dengan proses aerob ya bu?? Atau ada perbedaannya bu??

    Suka

  17. Ibu ijin bertanya, kan Lemak terbentuk karena penggabungan suatu asam lemak dengan gliserol. Contoh dari asam lemak itu apa Bu?
    Terimakasih

    Suka

  18. assalamu’alaikum wr wb
    pada proses glikolisis tahap 1 Glukosa akan mengalami fosforilasi dengan bantuan enzim heksokinase. Reaksi ini memerlukan energi, sehingga ATP diubah menjadi ADP. pertanyaannya, mengapa ATP diubah menjadi ADP ? bukankah mereka sama sama energi atau bukan ya bu ?
    terimakasih

    Suka

    • Sama-sama energi tapi kekuatannya ada di ikatan fosfatnya. Jadi fosfat pada ATP (Adenosin trifosfat) ada yang terlepas karena digunakan sehingga fosfatnya tinggal 2, maka disebut ADP (Adenosin difosfat).

      Suka

  19. assalamualaikum wr.wb bu
    pada kebanyakan tumbuhan dan hewan respirasi yang berlangsung adalah respirasi aerob, namun demikian dapat saja terjadi respirasi aerob terhambat pada sesuatu hal, pertanyaan saya, respirasi aerob itu terhambat karena hal apa bu?

    terima kasih bu, wassalamualaikum wr.wb

    Suka

    • Respirasi aerob terhambat akibat tubuh kekurangan oksigen. Ini terjadi pada respirasi tingkat sel misalnya sel dalam otot manusia. Ketika kita berlari-lari, kita akan ngos-ngosan akibat kekurangan oksigen, karena okigennya banyak digunakan untuk membakar senyawa organik dalam tubuh. Pada saat itu sel otot juga kekurangan oksigen, sehingga sel otot akan melakukan respirasi secara anaerob.

      Suka

  20. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Devita Septiana Anggraeni dari kelas 12 MIPA 5 nomor absen 10 izin bertanya bu. Kan pada proses katabolisme dihasilkan energi, namun energi ini tidak dapat digunakan secara langsung oleh sel sehingga harus diubah dulu menjadi senyawa adenosin trifosfat (ATP). Kenapa energi yang dihasilkan tidak dapat digunakan secara langsung ya bu?
    Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Suka

    • Wa’alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh.
      Energi belum bisa digunakan karena belum memiliki ikatan fosfat yang berenergi tinggi, sedangkan ATP memiliki ikatan fosfat yang berenergi tinggi yang suatu waktu dapat dipecah/diuraikan, misalnya ketika sel-sel di dalam tubuh akan melakukan aktivitas, maka energi kimia yang ada pada ikatan fosfat akan terlepas dan berubah menjadi energi mekanik jika akan digunakan untuk aktivitas otot, atau berubah menjadi energi listrik yang akan menghantarkan rangsang saraf.

      Suka

  21. Assalamu’alaikum
    bu, izin bertanya, bu kenapa Enzim katalase tidak dapat bekerja atau bereaksi jika dalam kondisi pH yang terlalu asam (HCl) atau yang terlalu basa (KOH/NaOH) ? apa itu enzim katalase dan apa saja fungsinya ?

    Suka

    • Dalam tubuh manusia, enzim katalase paling banyak ditemukan dalam organ hati. Ada reaksi metabolisme dalam tubuh manusia yang menghasilkan H2O2 (hidrogen peroksida), senyawa ini sangat beracun. Oleh karena itu H2O2 ini merupakan substrat yang akan dikatalisis oleh enzim katalase menjadi produk yang bermanfaat bagi tubuh yaitu H2O dan O2

      Suka

    • Produk pada reaksi enzimatis tidak bergantung pada teori yang mana ya. Jadi apa pun teorinya yang namanya produk adalah hasil reaksi. Dan produk ini sesuai dengan substratnya dan enzim yang mengkatalisisnya.

      Suka

    • Bukan terbakar ya, pada dasarnya enzim itu protein jadi tidak mudah terbakar, tapi akan rusak jika dipanaskan pada suhu di atas 60°, rusaknya di sini adalah terputusnya ikatan kimianya.

      Suka

    • Substrat itu kan bahan yang akan mengalami perubahan menjadi produk. Perubahan ini bisa dipercepat oleh enzim. Nah, kalau jumlah enzim tetap tetapi jumlah substrat lebih sedikit. Kerja enzim jadi berpengaruh kan? Jadi cepat selesai. Begitu juga sebaliknya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s